Minggu, 11 November 2012

cara mengatasi virus komputer

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan dalam mengatasi virus komputer
  • Deteksi dan temukan dimanakah kira – kira sumber virus tersebut. Apakah di flashdisk, jaringan, email dsb. Jka anda terhubung ke jaringan maka ada baiknya anda mengisolasi komputer anda dulu ( baik dengan melepas kabel atau mendisable sambungan internetdari control panel).
  • Identifikasi dan klasifikasikan jenis virus yang menyerang PC anda , dengan cara :
Gejala yang timbul , misal: pesan, file yang corrupt atau hilang dsb
Scan dengan antivirus anda, jika anda terkena saat auto protect berjalan berarti virus definition di dalam computer anda tidak memiliki data antivirus ini, cobalah update secara manual atau mendownload virus definitionnya untuk kemudian anda install. Jika virus tersebut memblok usaha anda untuk mengupdate, maka upayakan untuk menggunakan media lain ( computer ) dengan antivirus yang memilki update terbaru.
  • Bersihkan virus tersebut . setelah anda berhasil mendeteksi dan mengenalinya maka usahakan segara untuk mencari removal atau cara- cara untuk memusnahkannya di situs – situs yang memberikan informasi perkembangan virus tersebut. Hal ini perlu dilakukan apabila antivirus dengan update terbaru anda tidak berhasil memusnahkannya.
  • Langkah terburuk. Jika semua hal diatas tidak berhasil adalah memformat ulang computer.
Demikian tadi adalah beberapa cara sederhana dalam mengatasi virus komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar