Minggu, 11 November 2012

Ciri-ciri virus komputer

Ciri-ciri virus komputer atau suatu program dapat disebut sebagai virus komputer apabila memenuhi minimal 5 kriteria yang diakibatkan antara lain:
1. Ciri virus komputer yang pertama adalah kemampuan untuk mendapatkan informasi.
Pada umumnya suatu virus komputer memerlukan daftar nama–nama file yang ada dalam sutu direktori agar dapat memperoleh dafter file yang bisa dia tulari. Misalnya virus makro yang akan menginfeksi semua file data MS Word, akan mencari daftar file berekstensi*.doc. Di sinilah kemapuan mengumpulkan informasi itu diperlukan agar virus komputer dapat membuat daftar / data semua file, lalu memilahnya dengan mencari file-file yang bisa ditulari. Biasanya data ini tercipta saat file yang yang tertular / terinfeksi virus komputervirus komputer tersebut. atau file program virus itu sendiri dibuka oleh user. Sang virus akan segera melakukan pengumpulan data dan menaruhnya ( biasanya ) di RAM , sehingga apabila computer dimatikan semua data hilang. Tetapi data – data ini akan tercipta kembali setiap kali virus itu diaktifkan. Biasanya data- data ini disimpan juga sebagai hidden file oleh
2. Ciri virus komputer yang kedua adalah kemapuan untuk memeriksa suatu file
Suatu virus komputer juga harus bisa memeriksa suatu file yang akan ditulari , misalnya dia bertugas menulari program berekstensi *.doc. maka dia harus memeriksa apakah file dokumen tersebut telah terinfeksi ataupun belum, karena jka sudah , akan percuma menulariya lagi. Ini sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan suatu virus komputer dalam dalam hal kecepatan menginfeksi suatu file/ program. Yang umum dilakukan oleh virus adalah memiliki / member tanda pada file / program yang telah terinfeksisehingga mudah untuk dikenali oleh virus tersebut. Contoh penandaan adalah misalnya memberikan suatu byte yang unik disetiap file yang telah terinfeksi virus komputer.
3. Ciri virus komputer yang ketiga adalah kemampuan untuk menggandakan diri dn menularkan diri
Inti dari virus komputer adalah kemapuan menggandakan diri dengan cara menulari file lainnya. Suatu virus komputer apabila telah menemukan calon korbannya maka ia akan mengenalinya dengan memeriksanya. Jika belum terinveksi maka sang virus akan memulai aksinya penularan dengan cara menuliskan byte pengenal pada file tersebut, dan seterusnya mengkopikan / menulis kode objek virus diatas file sasaran. Beberapa umum yang dilakukan oleh virus untuk menulari / mengandakan dirinya adalah:
  1. File yang akan ditulari dihapus atau diubah namanya. Kemudian diciptakan file berisi program virus itu sendiri menggunakan nama file yang asli.
  2. Program virus komputer yang sudah dieksekusi / load e memori akan langsung menulari file- file lain dengan cara menumpangi seluruh file yang ada.
  3. Kemapuan melakukan manipulasi
Rutin ( routine) yang dimiliki suatu virus komputer akan dijalankan setalah virus menulari suatu file. Isi dari suatu rutin ini dapat beragam mulai dari yang tidak berbahaya sampai yang melakukan perusakan. Ruiti ini umumnya digunakan untuk memanipulasi file ataupun dari sutu sistem opersai ( Operating System), sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan yang dimilki sistem operasi. Misal :
  1. Membuat gambar atau pesan pada monitor
  2. Mengganti atau mengubah ubah label dari tiap file, direktori , atau label dari drive di PC
  3. Memanipulasi file yang ditulari
  4. Merusak file
  5. Mengacaukan kerja printer, dan sebagainya.
4. Ciri virus komputer yang berikutnya adalah kemampuan menyembunyikan diri.
Kemampuan menyembunyikan diri ini harus dimiliki oleh suatu virus agar semu pekerjaan baik dari awal sampai berhasilnya penularan dapat terlakasana. Langkah langkah yang biasa dilakukan adalah:
  • Program virus disimpan dalam bentuk kode mesin dan digabung dengan program lain yang dianggap berguna oleh pemakai
  • Program virus diletakan pada Boot Record atau track pada disk yang jarang diperhatikan oleh computer itu sendiri.
  • Program virus dibuat sependek mungkin, dan hasil file yang diinfksi tidak terlalu berubah ukurannya.
  • Virus tidak mengubah keterangan /informasi waktu sutu file
Demikian informasi mengenai ciri-ciri virus komputer, semoga berguna bagi anda semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar